Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Khowashul Qur’an Karya Imam al-Ghazali

Khowashul Qur’an Karya Imam al-Ghazali



Judul: Khasiat Rahasia Ayat-Ayat al-Qur’an

Penterjemah: As’ad Syamsul Arifin

Judul Asli: Khowashul Qur’an (Adz-Dzahab al-Ibriz fi Asrari Khowash Kitabillah al-‘Aziz)


Jumlah hlm: 130

Penerbit: Hikmah Semesta Publisher

Harga: 65.000 (belum ongkir)

Minat silahkan inbox FB Kang As'ad atau hubungi lewat WA

081227908738 (as’ad)


**Khusus santri atau alumni krapyak komplek apapun, ada harga khusus yang istimewa, silahkan japri atau Inbox biar mesraa :D


Selain tafsir al-Jailani yang berhasil ditemukan oleh syaikh Dr. Muhammad Fadhil di vatikan, masih banyak lagi karya-karya ulama Islam yang masih tersimpan di sana dan barangkali belum pernah diterbitkan.

Di dalam buku al-Makhthutthat al-Arabiyyah fi al-Fatikan yang ditulis oleh Sayyid Shadiq al-Husaini, beliau menyebutkan ada ribuan karya ulama Islam yang tersimpan dengan rapi di perpustakaan Vatikan.

Salah satunya adalah karya Hujjatul Islam al-Imam Abu Hamid al-Ghazali rahimahullah yang dikenal dengan judul Khowashul Qur’an. Judul lengkap kitab ini adalah “Adz-Dzahab al-Ibriz fi Asrari Khowash Kitabillah al-‘Aziz.

Kitab Khowashul Qur’an ini ditemukan di perpustakan Vatikan dalam keadaan cukup baik dan lengkap. Terdiri dari kurang lebih 41 hlm dan tertulis dengan khat Naskhi yang cukup jelas. Saat ini telah di tahqiq oleh seorang sarjana dari Negara Mesir yang bernama syaikh Majdi Muhammad asy-Syahawi.

(bagi yang minat pdf kitab ini, bisa di unduh pada link di bawah).


Kitab ini membahas tentang khasiat-khasiat dari berbagai ayat al-Qur’an yang khasiat tersebut merupakan hasil praktek langsung oleh para ulama-ulama terdahulu (mujarobat).

Di antaranya adalah riwayat yang disandarkan kepada imam Malik bin Anas rahimahullah, tentang cara beliau menghadapi khalifah Harun ar-Rasyid yang sangat murka kepadanya. Saat beliau berhadapan dengan Harun ar-Rasyid, di jari-jari beliau telah tertulis ayat Kaf Ha’ Ya’ ‘Ain Shod di jari-jari beliau sebelah kanan, dan ayat Kha Miim ‘Aiin Siin Qaaf, pada jari-jari beliau sebelah kiri.
Berkah ayat-ayat tersebut, Harun ar-Rasyid yang sebelumnya datang ke Madinah dengan sangat murka, berubah menjadi sangat lembut sekali kepada Imam Malik rahimahullah.

Alhamdulillah, kini kitab ini telah rampung diterjemahkan…bagi teman-teman yang berminat memiliki terjemah kitab ini bisa menghubungi lewat inbox atau japri lewat WA di bawah ini.


Khowashul Qur’an Karya Imam al-Ghazali


4 comments for "Khowashul Qur’an Karya Imam al-Ghazali"