Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KLARIFIKASI TERHADAP PEMBERITAAN 14 MAHASISWA UIN YANG MENGIKUTI PERAYAAN NATAL



Beberapa hari ini masyarakat muslim khususnya, dibuat resah dan bingung oleh pemberitaan sebuah media ( http://m.merdeka.com/…/14-mahasiswa-uin-yogya-ikut-ibadah-m… )

Pemberitaan media tersebut sangt tendensius dan cenderung sensasional bahkan bisa mengarah kepada adu domba serta memecah belah umat. Untuk itu perlu kiranya UIN sunan kalijaga sebagai pihak yang paling dirugikan terhadap pemberitaan ini menyampaikan klarifikasi sebagai berikut:
1. Pemberitaan tersebt hanyalah sebagian dari fakta atau realita yang ada sebenarnya.

2. Mahasiswa yang mengikuti perayaan tsb adalah mahasiewa prodi S2 agama dan filsafat fakakultas ushuluddin, konsentrasi studi agama dan resolusi konflik mata kuliah studi Qur’ran dan perbandingan dengan kitab suci agama-agama. Yang sedang melakukan partisipan observer tentang perayaan natal sebagai bagian darr proses akademis-ilmiah mereka.

3. Bapak wahyu nugroho adalah dosen LB, MK Studi Perbandingan Teks Suci Islam-Kristen. Beliau salah 1 team teaching dengan pak Baedowi sebagai koordinatornya.

Sehubungan dengan itu, mohon pada umat Islam agar lebih berhati-hati, tetap sabar dan tidak terprovokasi terhadap pemberitan yang sensasional, sebaiknya terlebih dahulu dilakukan check and recheck.

sebagaimana firman Allah.....

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang Fasik membawa suatu berita, Maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu“. (QS. Al Hujurat: 6).

Demikian klarifikasi ini disampaikan agar dapat meredakan kesalah pahaman di kalangan umat Islam dan ketegangan antar umat beragama di Indonesia. Mari kita bersama-sama saling menghormati dan saling memahami perbedaan secara damai dalam semangat kebangsaan Bhineka Tunggal Ika. Mohon kiranya semua pihak dapat

membantu menyebarkan klarifikasi ini. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.




TTD

Wakil Rektor bidang kemahasiswaan dan kerjasama

Post a Comment for "KLARIFIKASI TERHADAP PEMBERITAAN 14 MAHASISWA UIN YANG MENGIKUTI PERAYAAN NATAL"